Pendahuluan dan Latar Belakang
Seiring berjalannya waktu, dunia perkembangan teknologi saat ini sangat pesat dan semakin canggih dari hari ke hari. Sudah banyak sekali inovasi-inovasi teknologi yang telah membantu berbagai aktifitas manusia. Khususnya dalam perkembangan bidang teknologi digital di era millennial seperti ini. Di dunia hiburan contohnya, di era "kekinian" ini, masyarakat khususnya remaja dan anak-anak lebih memilih menggunakan smartphone atau gadget nya yang mampu menyuguhkan beragam hiburan terbaik. Saat ini, dimanapun dan kapanpun kita tetap bisa menikmati konten hiburan. Bahkan bukan hanya masalah tempat, saat ini kita dapat merasakan konten-konten 2 dimensi seperti ada di kehidupan nyata kita.
Isi
Di tahun 2016 kita dikejutkan dengan banyak sekali trend teknologi. Salah satu yang paling ramai dibicarakan masyarakat sekarang ialah teknologi VR (Virtual Reality), sebagai inovasi teknologi primadona saat ini yang mampu membuat kita menyelami dunia maya melalui visual, dihadirkan fitur 360 derajat sehingga rasanya akan sama seperti berada dalam dunia aslinya. Teknologi VR biasanya digunakan untuk video atau games menggunakan perangkat kaca mata VR.
Banyak orang meyakini bahwa VR merupakan salah satu medium penyajian konten hiburan di masa depan, namun memang tidak sedikit dari mereka yang juga memperlihatkan keraguan. Itu mengapa berbagai upaya terus dilakukan oleh penyedia teknologi maupun komunitas developer buat mengekspos potensi serta memantapkan ekosistemnya.
Selain itu, VR ternyata juga bisa digunakan sebagai simulasi perang. Di Amerika Serikat contohnya, latihan para tentara juga menggunakan simulai lewat VR sebagai latihan perangnya. Mereka akan merasakan sensai yang mirip dengan situasi medan perang secara nyata lewat teknologi ini.
Saat ini telah banyak produsen yang menjual kaca mata VR. Biasanya kaca mata ini berukuran besar dan menggunakan smartphone sebagai medianya. Dengan kaca mata VR kita bisa merasakan konten-konten 360 derajat yang ada di dalamnya begitu dekat dan terasa nyata oleh kita seakan merasa terjun langsung ke dunia maya tersebut.
==》Sejarah Singkat VR
1993: SEGA – VR
1995: Nintendo merilis “Virtual Boy”
1997: Pengembangan perangkat untuk melakukan eksperimen gerakan nyata dalam cabina
2003: Pembuatan dunia 3D “Second life”
2004: Google membeli Earth-view
2005: Nintendo Wii dirilis
2012: Oculus Rift, sebuah perangkat VR untuk game dibuat.
2014: Munculnya headset VR Sony Project Morpheus
2016: Sekitar sebanyak 10.000.000 orang mulai menggunakan kaca mata dan headsets VR
2018: Sekitar 5.2 juta dollar akan digelontorkan dalam konsumsi virtual reality ini.
==》VR Device untuk console atau PC
Oculus Rift
HTC Vive
Sony PlayStation VR
==》VR Device untuk mobile
Samsung Gear VR
Google Daydream View
Google Cardboard
Merge VR Goggles
==》VR Device yang sedang dikembangkan dan akan datang
Oculus Santa Cruz
Pimax 8K
Oculus Go
Samsung Odyssey/Windows Mixed Reality
HTC Vive Focus / Lenovo Daydream
Fove 0
Razer OSVR HDK 2
==》Platform yang sudah menyediakan VR
Video Game (seperti pada PC dan PlayStation)
Video Player (seperti youtube)
Kesimpulan
Kemajuan teknologi masa kini sudah berkembang sangat pesat dan mungkin semakin dekat dengan puncaknya. Pada bidang hiburan, teknologi VR ini sendiripun bisa dibilang sangat sukses dan membuat semua orang terkejut pada awal perilisannya dan hype trend ini bertahan cukup lama. Mungkin jika kita mundur 10 tahun dari sekarang inovasi VR ini tak bisa terealisasikan dan hanya akan menjadi bahan tertawaan orang karena teknologi ini dianggap mustahil dan tidak terlalu banyak bermanfaat, tetapi sekarang sudah banyak sekali orang yang menggunakan teknologi ini dan bisa dibilang menjadi kiblat selanjutnya untuk inovasi teknologi Next Gen dari dunia hiburan. Perkembangan teknologi memang agak sedikit menakutkan karena inovasi-inovasi yang tidak dianggap terlalu penting sekarang mungkin beberapa tahun kedepan akan menjadi teknologi yang paling sering digunakan oleh orang-orang, dan kita sebagai generasi muda harus bisa mengikuti perkembangan teknologi yang sangat cepat bila tidak ingin ketinggalan trend teknologi dunia.
Sumber & Referensi :
0 comments :
Post a Comment